Sabtu, 16 Februari 2013

SOAL UJIAN SEKOLAH PKn

PEMERINTAH  KABUPATEN PURWOREJO
DINAS  PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
S M P NEGERI 35 PURWOREJO
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN   2011 /  2012
 

Mata pelajaran   : Pendidikan Kewarganegaraan        Hari / tanggal : Kamis, 29 Maret 2012
Kelas                  : IX ( Sembilan )                              Waktu             : Pk 10.00 – 11.30 ( 90 menit )
 

PETUNJUK  UMUM
1.            Berdo’alah terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal
2.            Tulislah lebih dahulu Identitas Anda pada baris atas pada lembar jawaban yang disediakan.
3.            Periksalah dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya
4.            Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang
5.            Jumlah soal sebanyak 50 butir pilihan ganda dan 5 soal essay yang semua harus dijawab.
6.            Dahulukan soal-soal yang Anda anggap mudah.
7.            Kerjakan pada lembar jawab yang disediakan, dengan menggunakan  bolpoint/pulpen bertinta biru atau hitam.
8.            Penilaian diatur sebagai berikut :
a.   Nilai minimal         =    0,00
b.   Nilai maksimal      =    10,00
9.            Berikan tanda silang pada salah satu huruf pada lembar jawaban yang Anda anggap paling tepat.
10.        Apabila ada jawaban yang Anda jawab salah dan Anda ingin memperbaikinya, coretlah dengan dua garis lurus mendatar pada lembar jawaban  Anda yang salah, kemudian beri tanda silang (X) pada huruf yang Anda anggap betul.
Contoh: Pilihan semula             :     a          b          c          d
               Dibetulkan menjadi     :     a          b          c          d
11 .   Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas
PETUNJUK KHUSUS
I.       Untuk nomor 1 s.d.50 pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang ( X) pada huruf a, b, c, atau d pada lembar jawaban yang tersedia!

1.      Norma yang harus ditaati oleh warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang bersumber pada wahyu Tuhan adalah  norma ....
A.     agama                                                    C.   sosial
B.     moral                                                     D.   hukum

2.      Contoh ketaatan terhadap norma hukum yang perlu dibiasakan oleh seorang siswa adalah ....
A.     membayar pajak tepat waktu                 C.   menaati rambu-rambu lalu lintas
B.     mempelajari aturan hokum                    d.    menghormati polisi di jalan raya

3.      Proklamasi kemerdekaan mengandung makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, antara lain ….
A.     diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945
B.     teks Proklamasi dibacakan oleh Ir Soekarno
C.     merupakan hak segala bangsa
D.     puncak perjuangan bangsa Indonesia

4.      Rancangan UUD oleh PPKI disahkan menjadi UUD 1945 pada tanggal ….
A.     17 Agustus 1945                                    C.   19 Agustus 1945
B.     18 Agustus 1945                                    D.   20 Agustus 1945


5.      Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan dan UUD 1945 adalah ....
A.     Proklamasi Kemerdekaan, 17 Agustus 1945, lebih dahulu dilaksanakan
B.     Proklamasi Kemerdekaan, 17 Agustus 1945, dibacakan oleh Soekarni dan UUD 1945 ditetapkan oleh PPKI yang diketuai oleh Ir Soekarno
C.     Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, menandai berdirinya negara Indonesia, namun untuk lebih kuat perlu UUD 1945
D.     Proklamasi Kemerdekaan terjadi tanggal 17 Agustus 1945 dab sehari kemudian ditetapkan UUD 1945

6.      UUD 1945 yang telah diubah oleh MPR mengatur secara khusus tentang HAM, tepatnya pada Pasal ....
A.     Pasal 27 a – 27 j                                     C.  Pasal 29 a  -  29 j
B.     Pasal 28 a -  28 j                                    D.   Pasal 30 a – 30 j

7.      Sikap menghargai upaya penegakan HAM yang dapat dikembangkan oleh seorang siswa, antara lain ....
A.     Mendukung setiap upaya penegakan HAM
B.     Turut menjadi sukarelawan penegakan HAM
C.     Mengikuti upaya penegakan HAM melalui televisi
D.     Mempelajari lembaga-lembaga penegakan HAM

8.      Kemerdekaan mengemukakan pendapat, pada hakikatnya adalah ....
A.  kebebasan warga negara untuk memperjuangakan kepentingannya kepada pemerintah
B.   kebebasan warga untuk menyampaikan pendapatnya di depan umum dengan demonstrasi
C.   kebebasan setiap orang untuk mengkritik kebijakan pemerintah secara lisan atau tulisan
D.  kebebasan setiap orang untuk menyampaikan pendapatnya secara lisan atau tulisan

9.      Kemerdekaan mengemukakan pendapat yang dilakukan secara bebas dan bertanggung jawab mempunyai arti yang sangat penting, yaitu ....
A.  memudahkan pemerintah menanggapi
B.   mengurangi beban pengamanan dari kepolisian
C.   menjamin dipenuhinya pendapat yang disampaikan
D.  menciptakan keadaan yang tertib dan aman

10.  Menghormati aturan-aturan moral yang diakui umum dapat kita lihat pada peristiwa ....
A.     menghina kepala negara
B.     ikut tawuran antar pelajar
C.     berbicara dengan orang yang lebih tua harus sopan santun
D.     memasang petasan di dekat masjid yang sedang digunakan untuk ibadah

11.  Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia merupakan ideologi ....
A.  statis                                                       C.  terbuka
B.   tertutup                                                  D.   doktriner

12.  Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat yang harus dikembangkan oleh siswa adalah ....
A.     menghafalkan sila-sila Pncasila
B.     mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
C.     menempelkan gambar Garuda Pancasila di rumah
D.     menyampaikan nilai Pancasila ke masyarakat

13.  Konstitusi yang pertama berlaku di Indonesia adalah ....
A.  UUD 1945 hasil Amandemen                C.  UUD S 1950
B.   UUD RIS                                               D.   UUD 1945

14.  Di bawah ini merupakan penyimpangan konstitusi pada masa Orde Lama….
A.     Amandemen terhadap UUD 1945          C.   pengangkatan Presiden seumur hidup                      
B.     Diadakan pemilu tahun 1955                  D.  adanya Supersemar

15.  Contoh sikap positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen yang dapat dikembangkan oleh siswa SMP adalah ....
A.  turut sereta merumuskan perubahan UUD 1945
B.   membaca dan menghafal seluruh perubahan UUD 1945
C.   membandingkan dengan UUD 1945 sebelum perubahan
D.  mendukung dan melaksanakan sepenuh hati.

16.  Tata urutan peraturan perundang-undangan nasional yang paling tinggi adalah ....
A.     UUD 1945                                              C.   UU
B.     Peraturan pemerintah                              D.  Peraturan Presiden   

17.  Pengertian demokrasi yang paling terkenal adalah ....
A.     Negara dari,oleh, dan untuk rakyat
B.     Pemrintahan dari, oleh,dan untuk rakyat
C.     Pemerintahan dari, oleh, dan untuk negara
D.     Negara dari,oleh, dan untuk negara

18.  Negara Indonesia menggunakan system demokrasi karena ….
A.     Presiden dipilih secara langsung oleh seluruh rakyat
B.     Rakyat secara langsung menentukan jalanya pemerintahan
C.     Kekuasaan negara yang tertinggi di tangan rakyat
D.     Kepala negara harus bertanggung jawab kepada rakyat

19.  Contoh sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan di sekolah adalah ....
A.  menghargai perbedaan pendapat             C.   mengikuti tata tertib sekolah
B.   berusaha menjadi pengurus OSIS           D.  mengikuti upacara bendera

20.  Negara Indonesia menganut kedaulatan rakyat sehingga kekuasaan tertinggi negara dimiliki oleh ....
A.  MPR                                                       Presiden
B.   Rakyat                                                    D.  DPR

21.  Untuk mengangkat dan menetapkan anggota DPR / majelis, melaksanakan pemilu dalam jangka waktu tertentu berdasarkan undang-undang. Hal ini sesuai dengan ….
A.     Ciri – cirri negara kedaulatan rakyat
B.     Negara yang menganut asas kedaulatan rakyat
C.     Falsafah negara yang memperjuangkan hak-hak asasi
D.     Ketentuan yang berlaku dinegara itu

22.  Salah satu unsur berdirinya negara adalah ....
A.  bendera negara                                       C.   pemerintahan yang berdaulat
B.   bahasa negara                                         D.  lambang negara

23.  Keberadaan suatu negara memiliki empat fungsi, yaitu ....
A.  kekuasaan, kesejahteraan, kemakmuran, dan keamanan
B.   keamanan, ketertiban,keadilan, dan kekuasaan
C.   keamanan, pertahanan, kesejahteraan, dan keadilan
D.  kekuasaan, keamanan, keadilan, dan kemakmuran

24.  Salah satu kewajiban warga negara Indonesia dalam upaya membela negara adalah ....
A.  mengikuti pendidikan bela negara
B.   masuk menjadi anggota TNI
C.   membela negara ketika negara dalam bahaya
D.  mempelajari tata cara membela negara

25.  Bentuk bela negara di bidang pertahanan negara yang dapat dilakukan oleh setiap warga negara adalah ....
A.  waspada terhadap segala kegiatan ancaman keutuhan negara
B.   berusaha menjadi anggota TNI
C.   turut menjaga perbatasan negara bersama TNI
D.  menjaga ketertiban di lingkungan masing-masing

26.  Salah satu tugas TNI adalah turut menjaga perdamaian dunia sehingga sering anggota TNI dikirim ke negara lain yang  sedang dilanda konflik. Pasukan TNI yang dikirim disebut ....
A.     Pasukan Garuda                                      C.   Komando Khusus
B.     Pasukan Pancasila                                   D.  Operasi Khusus

27.  Perhatikan tabel berikut!

No.
Contoh Perilaku
1.
Turut serta dalam  ronda malam.
2.
Waspada terhadap terorisme.
3.
Menumpas gerakan sparatisme.
4.
Menyelaikan konflik perebutan Pulau Sipadan dengan Malaysia.
5.
Mengatasi masalah pencurian dan perampokan.
Berdasarkan tabel di atas, upaya membela negara yang dapat dilakukan oleh warga masyarakat ditunjukkan pada nomor ....
A.     1,2,dan 3                                                C.   2,3,dan 4
B.     1,2,dan 5                                                D.  2,4,dan 5

28.  Partisipasi warga negara dalam pembelaan negara dapat dilakukan di lingkungan keluarga seperti….
A.     Membuat tembok tinggi sebagai pagar rumahnya
B.     Menjaga ketentraman dan kedamaian keluarga
C.     Menyewa penjaga rumah agar tidak ada pencuru
D.     Mengadakan ronda malam di lingkungan masyarakat

29.  Upaya pembelaan negara didasarkan peraturan berikut ini, kecuali ….
A.     UU. No. 20 tahun 1982, tentang Ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan Negara Republik Indonesia
B.     UU No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
C.     UU NO. 2 tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
D.     UU No. 3 tahun 2002, tentang Pertahanan Negara

30.  Pernyataan di bawah ini yang merupakan pengertian tentang otonomi daerah adalah ....
A.     Kewenangan daerah untuk membangun daerah sesuai potensi daerah dan peraturan daerah yang berlaku
B.     Kewenangan daerah untuk membangun daerah sesuai kebijakan pemerintah pusat dan peraturan yang berlaku
C.     Kekuasaan daerah untuk memilih kepala daerah melalui pilkada langsung
D.     Kekuasaan daerah untuk melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

31.  Di bawah ini yang tidak termasuk kewenangan daerah otonom untuk mengatur daerahnya adalah ....
A.     Potensi daerah                                        C.   masalah keagamaam
B.     Pemerataan segala bidang                       D.  kekayaan alam milik daerah

32.  Dalam pelaksanaan otonomi daerah terjadi pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah daerah dan pusat. Di bawah ini yang merupakan urusan pemerintah pusat adalah ....
A.     Politik luar negeri, pertahanan keamanan, yustisi, moneter, dan agama
B.     Politik dalam negeri, pertahanan keamanan, yustisi, moneter, dan agama
C.     Politik luar negeri, pertahanan, keamanan,yustisi, moneter, dan pendidikan
D.     Politik dalam negeri,pertahanan, keamanan, yustisi, moneter, dan pembangunan

33.  Pembukaan dan promosi taman wisata Argo,Relegi, bahari dan industry merupakan kewenangan dari ….
A.     Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
B.     Masyarakat sekitar lokasi
C.     Pemerintah pusat
D.     Pemerintah daerah
34.  Otonomi daerah dilaksanakan dengan berpegang pada tiga prinsip, yaitu ....
A.     Nyata, sempit, dan bertanggung jawab    C.   nyata, lebar, dan bertanggung jawab
B.     Nyata, luas, dan bertanggung jawab        D.  tidak nyata, luas, dan bertanggung jawab

35.  Perhatikan bagan proses perumusan kebijakan publik di bawah ini!



Perumusan
 
...............
 
Evaluasi
 
Masalah
 
Langkah yang tepat untuk mengisi titik-titik di dalam kotak adalah ....
A.     Pembiayaan pembangunan                     C.   tanggapan masyarakat
B.     Pelaksanaan dan pengawasan                 D.  persetujuan pemerintah

36.  Kebijakan publik yang dibuat pemerintah dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu kebijakan ....
A.     Ekstratif, distributive, dan regulative      C.   eksekutif, distributive, dan regulative
B.     Eksekutif, legislative, dan yudikatif        D.  ekstratif, distributive, dan yudikatif

37.  Salah satu masalah utama dalam pelaksanaan kebijakan oleh pegawai di daerah adalah adanya praktik ....
A.     Tingginya peran serta masyarakat           C.   banyaknya demonstrasi
B.     Korupsi, kolosi,dan nepotisme (KKN)    D.  penyalahgunaan wewenag oleh warga

38.  Globalisasi berasal dari kata globe yang lebih tepat diartikan sebagai suatu kondisi dunia yang ....
A.     Menyeluruh dan saling tergantung          C.   berkembang pesat dan cepat
B.     Bulat seperti tiruan bumi                         D.  bersatu padu tidak ada batas

39.  Berikut ini saluran globalisasi yang dapat mendukung prosrs globalisasi, kecuali….
A.     Perdagangan Internasional                      C.   Migrasi internasional
B.     Pariwisata internasional                          D.  system keamanan

40.  Faktor yang paling berperan membentuk globalisasi sekarang ini adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ....
A.     Transportasi dan komunikasi                  C.   kedokteran dan kesehatan
B.     Transportasi dan persenjataan                 D.  persenjataan dan permesinan

41.  Politik luar negeri Indonesia di era global disebut politik luar negeri ....
A.     Bebas partisipatif                                    C.   bebas non blok
B.     Bebas aktif                                             D.  aktif partisipatif

42.  Wujud nyata pelaksanaan politik luar negeri Indonesia di era global adalah seperti di bawah ini, kecuali ....
A.     Mengirimkan Pasukan Garuda dengan misi perdamaian dunia
B.     Membantu negara lain yang membutuhkan
C.     Bekerja sama dengan negara maju
D.     Bergabung dengan organisasi internasional

43.  Dampak positif globalisasi yang harus dikuasai, dimanfaatkan, dan dikembangkan oleh setiap orang adalah ....
A.     Komunikasi internet                               C.   kemajuan dunia antariksa
B.     Kemajuan senjata nuklir                         D.  kecepatan transportasi

44.  Dampak positip globalisasi yang harus diantisipasi oleh setiap warga negara dalam bidang ekonomi antara  lain….
A.     Komunikasi internet                               C.   kemajuan dunia antariksa
B.     Kemajuan senjata nuklir                         D.  penanaman modal bagi investasi di Indonesia

45.  Dampak negatif globalisasi yang harus diantisipasi oleh setiap warga negara, antara lain ....
A.     Mudahnya akses informasi                     C.   melemahnya nilai-nilai lokal
B.     mudahnya akses transportasi                  D.  munculnya kompetensi global

46.  Di bawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri prestasi diri adalah ....
A.     Menimbulkan rasa bangga dan melemahkan orang lain
B.     Dicapai melalui kerja keras penuh pengorbanan
C.     Menumbuhkan rasa bangga dan kemauan lebih berprestasi
D.     Memberikan manfaat kepada orang lain

47.  Prestasi diri yang dicapai seseorang memiliki makna yang besar bagi kehidupan bangsa, yaitu ....
A.     Menjadikan bangsa yang mengalahkan bangsa lain
B.     Memacu kebanggaan dan kemajuan suatu bangsa
C.     Akan memperoleh penghargaan dari negara lain
D.     Mengurangi beban negara dalam memajukan warga negara

48.  Upaya yang dapat dilakukan untuk mengenali potensi diri sendiri adalah ....
A.     Mengirimkan SMS kepada para peramal nasib
B.     Mengikuti kemauan orang lain yang lebih pandai
C.     Mengikuti tes potensi dan ajang pengembangan bakat
D.     Membaca buku psikologi tentang potensi diri

49.  Pentingnya potensi diri dalam mencapai suatu prestasi adalah ....
A.     menjadi satu-satunya penentu prestasi
B.     prestasi ditentukan oleh potensi
C.     menjadi modal eksternal untuk mencapai prestasi
D.     menjadi modal internal untuk mencapai prestasi

50.  Upaya yang paling efektif bagi seorang siswa untuk mencapai prestasi diri adalah .....
A.     mencontoh teman setiap mengerjakan tugas atau ulangan
B.     menuruti semua perintah orang tua dan guru
C.     membaca buku psikologi tentang potensi dan prestasi diri
D.     belajar untuk menguasai ilmu dari berbagai sumber ilmu

II.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !

51.  Berilah 3 (tiga) contoh kemerdekaan mengemukakan pendapat yang dilakukan secara bebas dan bertanggung jawab oleh siswa di lingkungan sekolah!
52.  Berilah 3 (tiga) contoh upaya memberantas korupsi di Indonesia!
53.  Berilah  3 (tiga) contoh  perbuatan siswa yang mencerminkan upaya membela negara!
54.  Berilah 3 (tiga) contoh sikap positif siswa dalam menghadapi globalisasi!
55.  Berilah 3 (tiga) contoh perbuatan dalam rangka meningkatkan prestasi diri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar