PEMERINTAH KABUPATEN PURWOREJO
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
S M P NEGERI 35
PURWOREJO
UJIAN SEKOLAH
TAHUN
PELAJARAN 2011 / 2012
Mata pelajaran
: Pendidikan Kewarganegaraan Hari / tanggal : Kamis, 29 Maret 2012
Kelas : IX ( Sembilan ) Waktu : Pk 10.00 – 11.30 ( 90 menit )
PETUNJUK UMUM
1.
Berdo’alah
terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal
2.
Tulislah
lebih dahulu Identitas Anda pada baris atas pada lembar jawaban yang
disediakan.
3.
Periksalah dan
bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya
4.
Laporkan kepada
pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal
kurang
5.
Jumlah soal
sebanyak 50 butir pilihan ganda dan 5 soal essay yang semua harus dijawab.
6.
Dahulukan
soal-soal yang Anda anggap mudah.
7.
Kerjakan pada
lembar jawab yang disediakan, dengan menggunakan bolpoint/pulpen bertinta biru atau hitam.
8.
Penilaian
diatur sebagai berikut :
a. Nilai minimal
= 0,00
b. Nilai maksimal = 10,00
9.
Berikan
tanda silang pada salah satu huruf pada lembar jawaban yang Anda anggap paling
tepat.
10.
Apabila
ada jawaban yang Anda jawab salah dan Anda ingin memperbaikinya, coretlah
dengan dua garis lurus mendatar pada lembar jawaban Anda yang salah, kemudian beri tanda silang
(X) pada huruf yang Anda anggap betul.
Contoh: Pilihan
semula : a b c d
Dibetulkan
menjadi : a b c d
11 . Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan
kepada pengawas
PETUNJUK KHUSUS
I.
Untuk nomor 1
s.d.50 pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang
( X) pada huruf a, b, c, atau d pada lembar jawaban yang tersedia!
1.
Norma
yang harus ditaati oleh warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang
bersumber pada wahyu Tuhan adalah norma
....
A.
agama C.
sosial
B.
moral D.
hukum
2.
Contoh
ketaatan terhadap norma hukum yang perlu dibiasakan oleh seorang siswa adalah
....
A.
membayar
pajak tepat waktu C. menaati rambu-rambu lalu lintas
B.
mempelajari
aturan hokum d. menghormati polisi di jalan raya
3.
Proklamasi
kemerdekaan mengandung makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, antara
lain ….
A.
diproklamasikan
tanggal 17 Agustus 1945
B.
teks
Proklamasi dibacakan oleh Ir Soekarno
C.
merupakan
hak segala bangsa
D.
puncak
perjuangan bangsa Indonesia
4.
Rancangan
UUD oleh PPKI disahkan menjadi UUD 1945 pada tanggal ….
A.
17
Agustus 1945 C.
19 Agustus 1945
B.
18
Agustus 1945 D. 20 Agustus 1945
5.
Pernyataan
di bawah ini yang menunjukkan hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan dan UUD
1945 adalah ....
A.
Proklamasi
Kemerdekaan, 17 Agustus 1945, lebih dahulu dilaksanakan
B.
Proklamasi
Kemerdekaan, 17 Agustus 1945, dibacakan oleh Soekarni dan UUD 1945 ditetapkan
oleh PPKI yang diketuai oleh Ir Soekarno
C.
Proklamasi
Kemerdekaan 17 Agustus 1945, menandai berdirinya negara Indonesia, namun untuk
lebih kuat perlu UUD 1945
D.
Proklamasi
Kemerdekaan terjadi tanggal 17 Agustus 1945 dab sehari kemudian ditetapkan UUD
1945
6.
UUD
1945 yang telah diubah oleh MPR mengatur secara khusus tentang HAM, tepatnya
pada Pasal ....
A.
Pasal
27 a – 27 j C.
Pasal 29 a - 29 j
B.
Pasal
28 a - 28 j D. Pasal 30 a – 30 j
7.
Sikap
menghargai upaya penegakan HAM yang dapat dikembangkan oleh seorang siswa,
antara lain ....
A.
Mendukung
setiap upaya penegakan HAM
B.
Turut
menjadi sukarelawan penegakan HAM
C.
Mengikuti
upaya penegakan HAM melalui televisi
D.
Mempelajari
lembaga-lembaga penegakan HAM
8.
Kemerdekaan mengemukakan pendapat, pada hakikatnya adalah
....
A. kebebasan warga negara untuk memperjuangakan kepentingannya kepada
pemerintah
B. kebebasan warga untuk menyampaikan pendapatnya di depan umum
dengan demonstrasi
C. kebebasan setiap orang untuk mengkritik kebijakan pemerintah
secara lisan atau tulisan
D. kebebasan setiap orang untuk menyampaikan pendapatnya secara lisan
atau tulisan
9.
Kemerdekaan
mengemukakan pendapat yang dilakukan secara bebas dan bertanggung jawab
mempunyai arti yang sangat penting, yaitu ....
A. memudahkan pemerintah menanggapi
B. mengurangi beban pengamanan dari kepolisian
C. menjamin dipenuhinya pendapat yang disampaikan
D. menciptakan keadaan yang tertib dan aman
10. Menghormati aturan-aturan moral
yang diakui umum dapat kita lihat pada peristiwa ....
A.
menghina
kepala negara
B.
ikut
tawuran antar pelajar
C.
berbicara
dengan orang yang lebih tua harus sopan santun
D.
memasang
petasan di dekat masjid yang sedang digunakan untuk ibadah
11. Pancasila sebagai ideologi negara
Indonesia merupakan ideologi ....
A. statis C.
terbuka
B. tertutup D. doktriner
12. Contoh sikap positif terhadap
Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat yang harus dikembangkan oleh siswa
adalah ....
A.
menghafalkan
sila-sila Pncasila
B. mengamalkan Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
C. menempelkan gambar Garuda
Pancasila di rumah
D.
menyampaikan
nilai Pancasila ke masyarakat
13. Konstitusi yang pertama berlaku
di Indonesia adalah ....
A. UUD 1945 hasil Amandemen C.
UUD S 1950
B. UUD RIS D. UUD 1945
14. Di bawah ini
merupakan penyimpangan
konstitusi pada masa Orde Lama….
A.
Amandemen terhadap UUD 1945 C. pengangkatan Presiden seumur hidup
B.
Diadakan pemilu tahun 1955 D. adanya Supersemar
15. Contoh sikap positif terhadap
pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen yang dapat dikembangkan oleh siswa SMP
adalah ....
A. turut sereta merumuskan perubahan UUD 1945
B. membaca dan menghafal seluruh perubahan UUD 1945
C. membandingkan dengan UUD 1945 sebelum perubahan
D. mendukung dan melaksanakan sepenuh hati.
16. Tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional yang paling tinggi adalah ....
A.
UUD
1945 C. UU
B.
Peraturan
pemerintah D. Peraturan Presiden
17. Pengertian demokrasi yang paling
terkenal adalah ....
A.
Negara
dari,oleh, dan untuk rakyat
B.
Pemrintahan
dari, oleh,dan untuk rakyat
C.
Pemerintahan
dari, oleh, dan untuk negara
D.
Negara
dari,oleh, dan untuk negara
18. Negara Indonesia menggunakan
system demokrasi karena ….
A.
Presiden
dipilih secara langsung oleh seluruh rakyat
B.
Rakyat
secara langsung menentukan jalanya pemerintahan
C.
Kekuasaan
negara yang tertinggi di tangan rakyat
D.
Kepala
negara harus bertanggung jawab kepada rakyat
19. Contoh sikap positif terhadap
pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan di sekolah adalah ....
A. menghargai
perbedaan pendapat C. mengikuti tata tertib sekolah
B. berusaha
menjadi pengurus OSIS D. mengikuti upacara bendera
20. Negara Indonesia menganut
kedaulatan rakyat sehingga kekuasaan tertinggi negara dimiliki oleh ....
A. MPR Presiden
B. Rakyat D. DPR
21. Untuk mengangkat dan menetapkan
anggota DPR / majelis, melaksanakan pemilu dalam jangka waktu tertentu
berdasarkan undang-undang. Hal ini sesuai dengan ….
A. Ciri – cirri negara kedaulatan
rakyat
B. Negara yang menganut asas
kedaulatan rakyat
C. Falsafah negara yang
memperjuangkan hak-hak asasi
D. Ketentuan yang berlaku dinegara
itu
22. Salah satu unsur berdirinya
negara adalah ....
A. bendera negara C. pemerintahan yang berdaulat
B. bahasa negara D. lambang negara
23. Keberadaan suatu negara memiliki
empat fungsi, yaitu ....
A. kekuasaan, kesejahteraan, kemakmuran, dan keamanan
B. keamanan, ketertiban,keadilan, dan kekuasaan
C. keamanan, pertahanan, kesejahteraan, dan keadilan
D. kekuasaan, keamanan, keadilan, dan kemakmuran
24. Salah satu kewajiban warga negara
Indonesia dalam upaya membela negara adalah ....
A. mengikuti pendidikan bela negara
B. masuk menjadi anggota TNI
C. membela negara ketika negara dalam bahaya
D. mempelajari tata cara membela negara
25. Bentuk bela negara di bidang
pertahanan negara yang dapat dilakukan oleh setiap warga negara adalah ....
A. waspada
terhadap segala kegiatan ancaman keutuhan negara
B. berusaha
menjadi anggota TNI
C. turut
menjaga perbatasan negara bersama TNI
D. menjaga
ketertiban di lingkungan masing-masing
26. Salah satu tugas TNI adalah turut
menjaga perdamaian dunia sehingga sering anggota TNI dikirim ke negara lain
yang sedang dilanda konflik. Pasukan TNI
yang dikirim disebut ....
A.
Pasukan
Garuda C. Komando Khusus
B.
Pasukan
Pancasila D. Operasi Khusus
27. Perhatikan tabel berikut!
No.
|
Contoh Perilaku
|
1.
|
Turut serta dalam ronda malam.
|
2.
|
Waspada terhadap terorisme.
|
3.
|
Menumpas gerakan sparatisme.
|
4.
|
Menyelaikan konflik perebutan
Pulau Sipadan dengan Malaysia.
|
5.
|
Mengatasi masalah pencurian dan
perampokan.
|
Berdasarkan
tabel di atas, upaya membela negara yang dapat dilakukan oleh warga masyarakat
ditunjukkan pada nomor ....
A.
1,2,dan
3 C. 2,3,dan 4
B.
1,2,dan
5 D. 2,4,dan 5
28. Partisipasi warga negara dalam
pembelaan negara dapat dilakukan di lingkungan keluarga seperti….
A.
Membuat
tembok tinggi sebagai pagar rumahnya
B.
Menjaga
ketentraman dan kedamaian keluarga
C.
Menyewa
penjaga rumah agar tidak ada pencuru
D.
Mengadakan
ronda malam di lingkungan masyarakat
29. Upaya pembelaan negara didasarkan
peraturan berikut ini, kecuali ….
A.
UU.
No. 20 tahun 1982, tentang Ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan Negara Republik
Indonesia
B.
UU
No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
C.
UU
NO. 2 tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
D.
UU
No. 3 tahun 2002, tentang Pertahanan Negara
30. Pernyataan di bawah ini yang
merupakan pengertian tentang otonomi daerah adalah ....
A.
Kewenangan
daerah untuk membangun daerah sesuai potensi daerah dan peraturan daerah yang
berlaku
B.
Kewenangan
daerah untuk membangun daerah sesuai kebijakan pemerintah pusat dan peraturan
yang berlaku
C.
Kekuasaan
daerah untuk memilih kepala daerah melalui pilkada langsung
D.
Kekuasaan
daerah untuk melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
31. Di bawah ini yang tidak
termasuk kewenangan daerah otonom untuk mengatur daerahnya adalah ....
A. Potensi daerah C. masalah keagamaam
B. Pemerataan segala bidang D. kekayaan alam milik daerah
32. Dalam pelaksanaan otonomi daerah
terjadi pembagian urusan pemerintahan antara pemerintah daerah dan pusat. Di
bawah ini yang merupakan urusan pemerintah pusat adalah ....
A.
Politik
luar negeri, pertahanan keamanan, yustisi, moneter, dan agama
B.
Politik
dalam negeri, pertahanan keamanan, yustisi, moneter, dan agama
C.
Politik
luar negeri, pertahanan, keamanan,yustisi, moneter, dan pendidikan
D.
Politik
dalam negeri,pertahanan, keamanan, yustisi, moneter, dan pembangunan
33. Pembukaan dan promosi taman
wisata Argo,Relegi, bahari dan industry merupakan kewenangan dari ….
A.
Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan
B.
Masyarakat
sekitar lokasi
C.
Pemerintah
pusat
D.
Pemerintah
daerah
34. Otonomi daerah dilaksanakan
dengan berpegang pada tiga prinsip, yaitu ....
A. Nyata, sempit, dan bertanggung jawab C. nyata,
lebar, dan bertanggung jawab
B. Nyata, luas, dan bertanggung
jawab D. tidak nyata, luas, dan bertanggung jawab
35. Perhatikan bagan proses perumusan
kebijakan publik di bawah ini!
|
|
|
|
A.
Pembiayaan
pembangunan C. tanggapan masyarakat
B.
Pelaksanaan
dan pengawasan D. persetujuan pemerintah
36. Kebijakan publik yang dibuat
pemerintah dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu kebijakan ....
A. Ekstratif, distributive, dan
regulative C. eksekutif, distributive, dan regulative
B. Eksekutif, legislative, dan
yudikatif D. ekstratif, distributive, dan yudikatif
37. Salah satu masalah utama dalam
pelaksanaan kebijakan oleh pegawai di daerah adalah adanya praktik ....
A. Tingginya peran serta masyarakat C. banyaknya
demonstrasi
B. Korupsi, kolosi,dan nepotisme
(KKN) D. penyalahgunaan wewenag oleh warga
38. Globalisasi berasal dari kata
globe yang lebih tepat diartikan sebagai suatu kondisi dunia yang ....
A. Menyeluruh dan saling tergantung C. berkembang
pesat dan cepat
B. Bulat seperti tiruan bumi D. bersatu padu tidak ada batas
39. Berikut ini saluran globalisasi
yang dapat mendukung prosrs globalisasi, kecuali….
A. Perdagangan Internasional C. Migrasi internasional
B. Pariwisata internasional D. system keamanan
40. Faktor yang paling berperan
membentuk globalisasi sekarang ini adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi di bidang ....
A. Transportasi dan komunikasi C. kedokteran dan kesehatan
B. Transportasi dan persenjataan D. persenjataan dan permesinan
41. Politik luar negeri Indonesia di
era global disebut politik luar negeri ....
A. Bebas partisipatif C. bebas non blok
B. Bebas aktif D. aktif partisipatif
42. Wujud nyata pelaksanaan politik
luar negeri Indonesia di era global adalah seperti di bawah ini, kecuali
....
A.
Mengirimkan
Pasukan Garuda dengan misi perdamaian dunia
B.
Membantu
negara lain yang membutuhkan
C.
Bekerja
sama dengan negara maju
D.
Bergabung
dengan organisasi internasional
43. Dampak positif globalisasi yang
harus dikuasai, dimanfaatkan, dan dikembangkan oleh setiap orang adalah ....
A. Komunikasi internet C. kemajuan dunia antariksa
B. Kemajuan senjata nuklir D. kecepatan transportasi
44. Dampak positip globalisasi yang
harus diantisipasi oleh setiap warga negara dalam bidang ekonomi antara lain….
A. Komunikasi internet C. kemajuan dunia antariksa
B. Kemajuan senjata nuklir D. penanaman modal bagi investasi di Indonesia
45. Dampak negatif globalisasi yang
harus diantisipasi oleh setiap warga negara, antara lain ....
A. Mudahnya akses informasi C. melemahnya nilai-nilai lokal
B. mudahnya akses transportasi D. munculnya kompetensi global
46. Di bawah ini yang bukan
merupakan ciri-ciri prestasi diri adalah ....
A.
Menimbulkan
rasa bangga dan melemahkan orang lain
B.
Dicapai
melalui kerja keras penuh pengorbanan
C.
Menumbuhkan
rasa bangga dan kemauan lebih berprestasi
D.
Memberikan
manfaat kepada orang lain
47. Prestasi diri yang dicapai
seseorang memiliki makna yang besar bagi kehidupan bangsa, yaitu ....
A.
Menjadikan
bangsa yang mengalahkan bangsa lain
B.
Memacu
kebanggaan dan kemajuan suatu bangsa
C.
Akan
memperoleh penghargaan dari negara lain
D.
Mengurangi
beban negara dalam memajukan warga negara
48. Upaya yang dapat dilakukan untuk
mengenali potensi diri sendiri adalah ....
A.
Mengirimkan
SMS kepada para peramal nasib
B.
Mengikuti
kemauan orang lain yang lebih pandai
C.
Mengikuti
tes potensi dan ajang pengembangan bakat
D.
Membaca
buku psikologi tentang potensi diri
49. Pentingnya potensi diri dalam
mencapai suatu prestasi adalah ....
A.
menjadi
satu-satunya penentu prestasi
B.
prestasi
ditentukan oleh potensi
C.
menjadi
modal eksternal untuk mencapai prestasi
D.
menjadi
modal internal untuk mencapai prestasi
50. Upaya yang paling efektif bagi
seorang siswa untuk mencapai prestasi diri adalah .....
A.
mencontoh
teman setiap mengerjakan tugas atau ulangan
B. menuruti semua perintah orang tua
dan guru
C. membaca buku psikologi tentang
potensi dan prestasi diri
D. belajar untuk menguasai ilmu dari
berbagai sumber ilmu
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini dengan benar !
51. Berilah 3 (tiga) contoh kemerdekaan mengemukakan pendapat
yang dilakukan secara bebas dan bertanggung jawab oleh siswa di lingkungan
sekolah!
52. Berilah 3 (tiga) contoh upaya memberantas korupsi di
Indonesia!
53. Berilah 3 (tiga)
contoh perbuatan siswa yang mencerminkan
upaya membela negara!
54. Berilah 3 (tiga) contoh sikap positif siswa dalam
menghadapi globalisasi!
55. Berilah 3 (tiga) contoh perbuatan dalam rangka meningkatkan
prestasi diri!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar