ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (S M P)
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KABUPATEN PURWOREJO
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS :
VIII (Delapan)
HARI / TANGGAL :
Jum’at, 7 Desember 2012
WAKTU :
07.30 – 09.00 ( 90 menit )
PETUNJUK UMUM
1.
Tulislah lebih dahulu nama, kelas, dan nomor peserta anda
di sebelah kanan atas pada kolom yang tersedia pada lembar jawaban !
2.
Periksa dan bacalah dengan teliti soal-soal sebelum anda
menjawabnya !
3.
Laporkan kepada pengawas, apabila terdapat tulisan yang
kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang !
4.
Jumlah soal sebanyak 55, semua, harus dikerjakan atau
dijawab!
5.
Dahulukan menjawab soal-soal yang anda anggap mudah.
6.
Cara
menjawab soal :
a.
Untuk soal pilihan ganda dengan memberi tanda silang ( X ) pada huruf jawaban
yang anda anggap tepat pada lembar jawaban.
Apabila ada jawaban yang anda anggap salah dan anda, ingin memperbaiki
/membetulkan, coretlah dengan garis lurus mendatar pada jawaban yang salah,
kemudian berilah tanda silang ( X) pada huruf jawaban yang anda anggap benar
sebagai jawaban pengganti !
Contoh :
Jawaban semula d : a b c
d.
Dibetulkan menjadi b : a b c d
b.
Untuk soal-soal uraian, kerjakan sebagaimana mestinya pada
tempat yang disediakan I
7.
Periksalah pekerjaan anda baik-baik sebelum diserahkan
kepada pengawas!
PETUNJUK KHUSUS
I.
Untuk nomor 1 s.d. 50 pilihlah satu jawaban yang paling
tepat dengan cara memberi tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c,atau d pada
lembar jawaban yang tersedia!
1.
Ideologi sangat penting bagi suatu bangsa, karena....
a. dengan
ideologi suatu bangsa mudah terombang-ambing
b. dengan
ideologi mudah menyesuaikan diri
c. tanpa
ideologi suatu bangsa tidak akan berdiri kokoh dan mudah terombang- ambing
d. tanpa
ideilogi suatu bangsa dapat berdiri kokoh
2.
Setiap bangsa membutuhkan suatu ideologi dalam rangka....
a. menyatukan
dan membentuk solidaritas bangsa
b. memaksakan
kehendak negara kepada rakyat
c. mencapai
tujuan nasional suatu bangsa
d. menubuhkan
semangat chauvinism
3.
Proses kelahiran Pancasila sebagai ideologi dan dasar
negara Indonesia sudah dimulai sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada
saat....
a. Sumpah
Pemuda tahun 1928
b. sidang
BPUPKI tahun 1945
c. sidang
PPKI tahun 1945
d. rapat
perumusan teks Proklamasi Kemerdekaan
4.
Pancasila ditetapkan sebagai dasar dan ideologi negara
Indonesia dilakukan pada saat ....
a. sidang
BPUPKI c. sidang KNIP
b. proklamasi
kemerdekaan d. sidang PPKI
5.
Pancasila terdiri atas lima sila yang merupakan
satu-kesatuan yang bulat dan utuh, artinya....
a. sila-sila
Pancasila pada hakekatnya sama
b. sila-sila
Pancasila memiliki nilai dasar tersendiri
c. seluruh
sila Pancasila hakikatnya satu
d. seluruh
sila Pancasila saling terkait dan tidak dapat dipisah-pisahkan
6.
Salah satu nilai dasar Pancasila yang ada sejak zaman
Majapahit adalah....
a. toleransi
antarumat beragama yang berbeda
b. semangat
untuk mengalahkan negara lain
c. semangat
membangun negara dengan perang
d. semangat
mewariskan kekuasaan kepada keturunanya.
7.
Nilai-nilai Pancasila yang sudah berkembang baik dalam
masyarakat, bahkan sudah menjadi kepribadian bangsa Indonesia adalah ....
a. sikap
demokrasi dan kebebasan berpendapat
b. semangat
menghargai hak asasi manusia
c. semangat
bersatu untuk mempertahankan diri
d. sikap
gotong royong serta musyawarah mufakat
8.
Semangat gotong royong yang sudah tumbuh subur di
Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah disebut....
a. mapalus c. manunggal sakato
b. gugur
gunung d. subak
9.
Perhatikan tabel berikut !
No.
|
Contoh Perbuatan
|
1.
|
Beribadah
sesuai agamanya.
|
2.
|
Menghormati
pendapat orang lain.
|
3.
|
Gemar
diskusi dalam memecahkan masalah bersama.
|
4.
|
Menolong
orang lain yang membutuhkan
|
5.
|
Melaksanakan
keputusan bersama
|
Berdasarkan
tabel di atas, contoh perbuatan yang mencerminkan sila keempat Pancasila adalah
nomor ....
a. 1,
2, dan 3 c. 2, 3, dan 5
b. 1,
3, dan 5 d. 2, 4, dan 5
10.
Sikap positif terhadap Pancasila harus dimiliki oleh ....
a. seluruh
warga negara c. para pejabat negara
b. para
pejabat pemerintah d. kalangan terpelajar
11.
Sikap positif terhadap Pancasila dapat dilakukan oleh siswa
di sekolah adalah sebagai berikut , kecuali....
a. dapat
menerima pendapat siswa lain yang berbeda dengan dirinya
b. saling
menghormati hak-hak siswa lain sebagai anggota masyarakat sekolah
c. selalu
bersikap sopan terhadap semua warga sekolah
d. menghindarkan
perkelahian dengan siswa lain demi kepentingan kelompoknya
12.
Contoh sikap positif warga negara terhadap Pancasila dalam
kehidupan berbangsa adalah....
a. mengembangkan
semangat sukuisme
b. mempelajari
nilai-nilai Pancasila
c. mengembangkan
semangat persatuan
d. menghilangkan
segala perbedaan suku bangsa
13.
Contoh sikap positif warga negara terhadap Pancasila dalam
kehidupan berfnegara adalah ....
a. mengembangkan semangat
nepotisme
b. menghilangkan budaya korupsi
c. menjadikan agama sebagai dasar
negara
d. menjadikan
Pancasila sebagai aturan hokum
14.
Perhatikan tabel berikut !
No.
|
Contoh Sikap Positif
|
1.
|
Menghormati
orang lain yang beribadah.
|
2.
|
Menghormati
perbedaan pendapat.
|
3.
|
Gemar
diskusi dalam memecahkan masalah bersama di baidang politik.
|
4.
|
Menyelenggarakan
pemilihan umum secara jujur dan adil
|
5.
|
Melaksanakan
keputusan yang menguntungkan kelompok
|
Berdasarkan
tabel di atas, contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam bidang politik
ditunjukkan pada nomor ....
a. 1, 2, dan 3 c. 2, 3, dan 4
b. 1, 3, dan 4 d. 2, 4, dan 5
15.
Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam bidang
politik yang dapat dilakukan oleh siswa adalah ....
a. belajar tekun dan penuh
semangat
b. aktif mengikuti pemilihan
pengurus OSIS
c. tidak membeda-bedakan teman
dalam pergaulan
d. menghormati
seluruh guru di sekolah
16.
Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam bidang
ekonomi adalah ....
a. mengembangkan usaha mandiri
b. bekerja keras menjadi buruh
pabrik
c. menciptakan kehidupan yang sama
antara yang kaya dan miskin
d. turut mengembangkan usaha
koperasi
17.
Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam bidang bidang
sosial kemasyarakatan adalah ....
a. menghormati sesama teman dalam
pergaulan
b. bekerja keras sesuai profesi
masing-masing
c. turut dalam pembangunan desa
d. menciptakan
kehidupan yang aman
18.
Konstitusi yang pertama berlaku di Indonesia adalah ....
a. UUD 1945 c. UUDS 1950
b. UUD RIS d.
UUD Amandemen
19.
Bentuk negara Indonesia menurut UUD 1945 adalah ....
a. republik c.
federal
b. serikat d.
kesatuan
20.
Lahirnya UUD RIS dilatarbelakangi adanya perjanjian antara
Indonesia dan Belanda, yaitu perjanjian....
a. Konferensi Meja Bundar c. Renville
b. Roem Royen d.
Linggarjati
21.
Bentuk pemerintahan Indonesia menurut UUD RIS adalah ....
a. republik c.
federal
b. presidensial d.
Parlementer
22.
Sistem ketatanegaraan Indonesia berdasarkan UUDS 1950
didasari semangat demokrasi ....
a. Pancasila c.
terpimpin
b. liberal d.
Sosial
23.
Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada tahun 1945
adalah ....
a. perubahan UUD 1945 menjadi UUD
RIS
b. perubahan UUD 1945 menjadi UUDS
1950
c. perubahan sitem pemerintahan
presidensial menjadi parlementer
d. perubahan
sitem pemerintahan parlementer menjadi presidensial
24.
Bentuk penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi dengan
keluarnya Maklumat Wakil Presiden Nomor X tahun 1945 adalah....
a. KNIP diserahi tugas legislatif
b. tugas KNIP dirangkap oleh
Presiden
c. kekuasaan Presiden di bawah
KNIP
d. belum
dibentuknya MPR dan DPR
25.
Bentuk penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi setelah
lahirnya Dekrit Presiden, 5 Juli 1959 adalah ....
a. pengangkatan Presiden seumur
hidup
b. berlaku demokrasi Pancasila
c. dibentuk MPRS dan DPAS
d. berlaku
demokrasi liberal
26.
Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi setelah pada
masa Orde Baru adalah ....
a. pembangunan diutamakan di
bidang ekonomi
b. pembangunan diutamakan di
bidang politik
c. Presiden dipilih oleh MPR
selama 30 tahun
d. penyelenggaraan
negara cenderung otoriter
27.
Latar belakang diadakanya amandemen terhadap UUD 1945 di
era reformasi adalah....
a. keinginan Presiden untuk
mengubah UUD
b. untuk mencegah penyimpangan
kekuasaan
c. keinginan MPR untuk mengubah
UUD
d. desakan
dari negara lain
28.
Proses amandemen terhadap UUD 1945 dilakukan melalui ....
a. Sidang Tahunan MPR c. Sidang
Istimewa MPR
b. Sidang Umum MPR d. Sidang
Badan Pekerja MPR
29.
Untuk mengubah UUD maka harus memenuhi syarat-syarat
berikut, kecuali....
a. sekurang-kurangnya diajukan
oleh 1/3 anggota MPR
b. berdasarkan
situasi pemerintah dan keuangan negara
c. dihadiri 2/3 dari jumlah
anggota MPR
d. putusan
dengan persetujuan sekurang-kurangnya lima puluh persen ditambah 1 dari jumlah
anggota MPR
30.
Salah satu hasil amandemen UUD 1945 adalah adanya ketentuan
bahwa Presiden RI dipilih oleh....
a. partai politik c. rakyat
b. angota MPR d. Wakil rakyat
31.
Arti penting amandemen terhadap UUD 1945 bagi kehidupan
bangsa dan negara Indonesia adalah ....
a. menghilangkan korupsi c. menjamin
kebutuhan rakyat
b. menjamin kehidupan demokrasi d. menjaga
kekuasaan Presiden
32.
Salah satu bagian UUD 1945 yang telah disepakati untuk
tidak diamandemen karena mengubahnya berarti membubarkan Negara Kesatuan
Republik Indonesia adalah ....
a. Pembukaan c.
Aturan Peralihan
b. Batang Tubuh d.
Penjelasan
33.
Amandemen UUD 1945 lebih menjamin hak asasi manusia karena
dijamin secara khusus dalam pasal....
a. 27 c.
28 A-J
b. 28 d.
29
34.
Kedudukan UUD 1945 dalam tata urutan peraturan perundang-undangan
nasional berada pada urutan....
a. pertama c.
ketiga
b. kedua d.
Keempat
35.
Peraturan perundang-undangan mempunyai fungsi yang
strategis dalam kehidupan suatu negara, yaitu sebagai ....
a. alat pengekang perilaku pejabat
negara
b. sarana untuk membatasi perilaku
warga negara
c. sarana untuk mewujudkan
ketertiban masyarakat
d. alat untuk meringankan beban pemerintah
36.
Salah satu fungsi strategis dari peraturan
perundang-undangan nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah
menyangkut kepentingan seluruh warga negara sehingga penyusunanya harus
memperhatikan aspek ....
a. filosofis c.
normatif
b. yuridis d.
sosiologis
37.
Usulan rancangan UU dapat disampaikan oleh DPR karena DPR
mempunyai hak ....
a. amandemen c.
inisiatif
b. butget d. Interpelasi
38.
Pengesahan suatu UU ditetapkan oleh DPR melalui sidang ....
a. Komisi c. Badan Musyawarah
b. Fraksi d. Paripurna
39.
Pembuatan peraturan daerah menjadi tanggung jawab bersama
antara ....
a. Kepala
Daerah dan Wakil Kepala Daerah
b. Menteri
Dalam Negeri dan Kepala Daerah
c. DPRD dan
Wakil Kepala Daerah
d. DPRD dan Kepala daerah
40.
Peraturan Daerah menjadi sah dan berlaku jika sudah
ditandatangani oleh ....
a. Kepala Daerah
b. Ketua DPRD
c. Kapala Daerah dan Ketua DPRD
d. Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah
41.
Kewajiban pokok warga negara terhadap peraturan
perundang-undangan yang berlaku adalah ....
a. turut membuat selama proses pembuatan
b. menaati dengah penuh kesadaran
c. mengawasi pelaksanaan di masyarakat
d. mempelajari
agar lebih paham
42.
Perhatikan sikap beberapa orang di bawah ini !
1) Ani
mempelajari sampai hafal peraturan hukum yang berlaku.
2) Budi menaati aturan lalu lintas dan menasihati
jika ada temannya yang melanggar.
3) Dedi selalu melaporkan temannya kepada polisi
jika melanggar aturan hukum.
4) Endang turut mengadili temannya yang melanggar
hukum.
Di antara keempat orang di atas yang paling taat terhadap aturan hukum
yang berlaku adalah ....
a. Ani c. Dedi
b. Budi d. Endang
43.
Contoh ketaan terhadap aturan hukum yang paling pokok untuk
dilakukan oleh siswa adalah....
a. membantu tugas polisi menagkap
pencuri
b. melaporkan jika ada pelanggaran
hukum
c. menaati tata tertib sekolah
d. bercita-cita
menjadi ahli hokum
44.
Di bawah ini yang merupakan salah satu formula upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia adalah ....
a. menaikkan
gaji pejabat negara, PNS, dan TNI/Polri
b. menghukum
mati pelaku korupsi
c. membuat
aturan hukum tentang korupsi
d.. membentuk lembaga pemberantas korupsi
45.
Upaya pemberantasan korupsi dapat dilakukan oleh siswa
dengan cara....
a. menjadi
relawan pemberantasan korupsi
b. turut
mengawasi suatu proyek bangunan
c. mengembangkan
sikap antikorupsi
d. protes terhadap iuran di sekolah
46.
Pemberian uang hadiah kepada pegawai di luar gaji yang
telah ditentukan yng berhubungan dengan jabatanya dikategorikan ....
a. sumbangan c. upeti
b. suap d. penghargaan
47.
Berikut yang merupakan contoh tindak kolusi adalah ....
a. seorang karyawan menggunakan
waktu kerja untuk membayar tagihan listrik
b. sebuah perusahaan tekstil
menyeludupkan kain ke Cina
c. memasukkan kerabat atau teman
yang tidak sesuai dengan persyaratan ke instansi
d. memasukkan
kerabat atau teman yang sesuai dengan persyaratan ke instansi
48.
Korupsi dapat diartikan sebagai perbuatan seseorang dengan
maksud....
a. memperkaya diri atau orang lain
dengan cara melanggar hukum
b. meningkatkan pendapatan usaha
dengan perluasan pasar
c. memperkaya keuangan negara dengan melanggar hukum
d. meningkatan
pendapatan negara dengan tidak melanggar hokum
49.
Upaya pemberantasn korupsi di Indonesia diatur dengan UU
Nomor...
a. 31 Tahun 1999 c.
30 Tahun 20002
b. 20 Tahun 2001 d.
25 Tahun 2005
50.
Lembaga negara yang bertanggung jawab penuh dalam upaya
pemberantasan korupsi di Indonesia adalah....
a. Polri c.
Kejaksaan Agung
b. Mahkamah Agung d.
KPK
II.
URAIAN
Jawablah dengan singkat
dan jelas di tempat yang tersedia pada lembar jawaban!
51.
Berilah 4 (empat) contoh perbuatan yang mencerminkan nilai
Pancasila sila kelima!
52.
Jelaskan akibat adanya penyimpangan konstitusi dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara!
53.
Berilah 4 (empat) contoh sikap positif warga negara
terhadap UUD 1945 Amandemen!
54.
Tuliskan tata urutan peraturan perundang-undangan
nasional berdasarkan UU Nomor 10 Tahun
2004 !
55.
Berilah 4 (empat) contoh sikap antikorupsi yang
dapat ditunjukkan oleh siswa!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar