Sabtu, 16 Februari 2013

SOAL UAS GASAL 2012

ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (S M P)
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
KABUPATEN PURWOREJO


MATA PELAJARAN         :     PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS                                :     VIII (Delapan)
HARI / TANGGAL             :     Jum’at, 7 Desember 2012
WAKTU                               :     07.30 – 09.00 ( 90 menit )


PETUNJUK UMUM
1.    Tulislah lebih dahulu nama, kelas, dan nomor peserta anda di sebelah kanan atas pada kolom yang tersedia pada lembar jawaban !
2.    Periksa dan bacalah dengan teliti soal-soal sebelum anda menjawabnya !
3.    Laporkan kepada pengawas, apabila terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang !
4.    Jumlah soal sebanyak 55, semua, harus dikerjakan atau dijawab!
5.    Dahulukan menjawab soal-soal yang anda anggap mudah.
6.    Cara menjawab soal :
a. Untuk soal pilihan ganda dengan memberi tanda silang ( X ) pada huruf jawaban yang anda anggap tepat pada lembar jawaban.
Apabila ada jawaban yang anda anggap salah dan anda, ingin memperbaiki /membetulkan, coretlah dengan garis lurus mendatar pada jawaban yang salah, kemudian berilah tanda silang ( X) pada huruf jawaban yang anda anggap benar sebagai jawaban pengganti !
Contoh     : Jawaban semula      d :     a          b          c          d.
                    Dibetulkan menjadi               b :     a          b          c          d
b.    Untuk soal-soal uraian, kerjakan sebagaimana mestinya pada tempat yang disediakan I
7.    Periksalah pekerjaan anda baik-baik sebelum diserahkan kepada pengawas!

PETUNJUK KHUSUS
I.      Untuk nomor 1 s.d. 50 pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang ( X ) pada huruf a, b, c,atau d pada lembar jawaban yang tersedia!

1.    Ideologi sangat penting bagi suatu bangsa, karena....
a.   dengan ideologi suatu bangsa mudah terombang-ambing
b.   dengan ideologi mudah menyesuaikan diri
c.   tanpa ideologi suatu bangsa tidak akan berdiri kokoh dan mudah terombang-    ambing
d.   tanpa ideilogi suatu bangsa dapat berdiri kokoh


2.    Setiap bangsa membutuhkan suatu ideologi dalam rangka....
a.   menyatukan dan membentuk solidaritas bangsa
b.   memaksakan kehendak negara kepada rakyat
c.   mencapai tujuan nasional suatu bangsa
d.   menubuhkan semangat chauvinism



3.    Proses kelahiran Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia sudah dimulai sebelum Indonesia merdeka, tepatnya pada saat....
a.   Sumpah Pemuda tahun 1928
b.   sidang BPUPKI tahun 1945
c.   sidang PPKI tahun 1945
d.   rapat perumusan teks Proklamasi Kemerdekaan

4.    Pancasila ditetapkan sebagai dasar dan ideologi negara Indonesia dilakukan pada saat ....
a.   sidang BPUPKI                                         c.   sidang KNIP
b.   proklamasi kemerdekaan                        d.   sidang PPKI

5.    Pancasila terdiri atas lima sila yang merupakan satu-kesatuan yang bulat dan utuh, artinya....
a.   sila-sila Pancasila pada hakekatnya sama
b.   sila-sila Pancasila memiliki nilai dasar tersendiri
c.   seluruh sila Pancasila hakikatnya satu
d.   seluruh sila Pancasila saling terkait dan tidak dapat dipisah-pisahkan

6.    Salah satu nilai dasar Pancasila yang ada sejak zaman Majapahit adalah....
a.   toleransi antarumat beragama yang berbeda
b.   semangat untuk mengalahkan negara lain
c.   semangat membangun negara dengan perang
d.   semangat mewariskan kekuasaan kepada keturunanya.

7.    Nilai-nilai Pancasila yang sudah berkembang baik dalam masyarakat, bahkan sudah menjadi kepribadian bangsa Indonesia adalah ....
a.   sikap demokrasi dan kebebasan berpendapat
b.   semangat menghargai hak asasi manusia
c.   semangat bersatu untuk mempertahankan diri
d.   sikap gotong royong serta musyawarah mufakat

8.    Semangat gotong royong yang sudah tumbuh subur di Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah disebut....
a.   mapalus                                                      c.   manunggal sakato
b.   gugur gunung                                           d.   subak

9.    Perhatikan tabel berikut !
No.
Contoh Perbuatan
1.
Beribadah sesuai agamanya.
2.
Menghormati pendapat orang lain.
3.
Gemar diskusi dalam memecahkan masalah bersama.
4.
Menolong orang lain yang membutuhkan
5.
Melaksanakan keputusan bersama
Berdasarkan tabel di atas, contoh perbuatan yang mencerminkan sila keempat Pancasila adalah nomor ....
a.   1, 2, dan 3                                                  c.   2, 3, dan 5
b.   1, 3, dan 5                                                  d.   2, 4, dan 5

10. Sikap positif terhadap Pancasila harus dimiliki oleh ....
a.   seluruh warga negara                             c.   para pejabat negara
b.   para pejabat pemerintah                          d.   kalangan terpelajar

11. Sikap positif terhadap Pancasila dapat dilakukan oleh siswa di sekolah adalah sebagai berikut , kecuali....
a.   dapat menerima pendapat siswa lain yang berbeda dengan dirinya     
b.   saling menghormati hak-hak siswa lain sebagai anggota masyarakat sekolah
c.   selalu bersikap sopan terhadap semua warga sekolah
d.   menghindarkan perkelahian dengan siswa lain demi kepentingan kelompoknya

12. Contoh sikap positif warga negara terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa adalah....
a.   mengembangkan semangat sukuisme
b.   mempelajari nilai-nilai Pancasila
c.   mengembangkan semangat persatuan
d.   menghilangkan segala perbedaan suku bangsa

13. Contoh sikap positif warga negara terhadap Pancasila dalam kehidupan berfnegara adalah ....
a.   mengembangkan semangat nepotisme
b.   menghilangkan budaya korupsi
c.   menjadikan agama sebagai dasar negara
d.   menjadikan Pancasila sebagai aturan hokum

14. Perhatikan tabel berikut !
No.
Contoh Sikap Positif
1.
Menghormati orang lain yang beribadah.
2.
Menghormati perbedaan pendapat.
3.
Gemar diskusi dalam memecahkan masalah bersama di baidang politik.
4.
Menyelenggarakan pemilihan umum secara jujur dan adil
5.
Melaksanakan keputusan yang menguntungkan kelompok
Berdasarkan tabel di atas, contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam bidang politik ditunjukkan pada nomor ....
a.   1, 2, dan 3                                                  c.   2, 3, dan 4                               
b.   1, 3, dan 4                                                  d.   2, 4, dan 5

15. Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam bidang politik yang dapat dilakukan oleh siswa adalah ....
a.   belajar tekun dan penuh semangat
b.   aktif mengikuti pemilihan pengurus OSIS
c.   tidak membeda-bedakan teman dalam pergaulan
d.   menghormati seluruh guru di sekolah

16. Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam bidang ekonomi adalah ....
a.   mengembangkan usaha mandiri
b.   bekerja keras menjadi buruh pabrik
c.   menciptakan kehidupan yang sama antara yang  kaya dan miskin
d.   turut mengembangkan usaha koperasi

17. Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam bidang bidang sosial kemasyarakatan adalah ....
a.   menghormati sesama teman dalam pergaulan
b.   bekerja keras sesuai profesi masing-masing
c.   turut dalam pembangunan desa
d.   menciptakan kehidupan yang aman

18. Konstitusi yang pertama berlaku di Indonesia adalah ....
a.   UUD 1945                                                  c.   UUDS 1950
b.   UUD RIS                                                    d.   UUD Amandemen

19. Bentuk negara Indonesia menurut UUD 1945 adalah ....
a.   republik                                                       c.   federal
b.   serikat                                                         d.   kesatuan

20. Lahirnya UUD RIS dilatarbelakangi adanya perjanjian antara Indonesia dan Belanda, yaitu perjanjian....
a.   Konferensi Meja Bundar                         c.   Renville
b.   Roem Royen                                             d.   Linggarjati

21. Bentuk pemerintahan Indonesia menurut UUD RIS adalah ....
a.   republik                                                       c.   federal
b.   presidensial                                               d.   Parlementer

22. Sistem ketatanegaraan Indonesia berdasarkan UUDS 1950 didasari semangat demokrasi ....
a.   Pancasila                                                   c.   terpimpin
b.   liberal                                                          d.   Sosial

23. Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi pada tahun 1945 adalah ....
a.   perubahan UUD 1945 menjadi UUD RIS
b.   perubahan UUD 1945 menjadi UUDS 1950 
c.   perubahan sitem pemerintahan presidensial menjadi parlementer
d.   perubahan sitem pemerintahan parlementer menjadi presidensial

24. Bentuk penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi dengan keluarnya Maklumat Wakil Presiden Nomor X tahun 1945 adalah....
a.   KNIP diserahi tugas legislatif
b.   tugas KNIP dirangkap oleh Presiden
c.   kekuasaan Presiden di bawah KNIP
d.   belum dibentuknya MPR dan DPR

25. Bentuk penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi setelah lahirnya Dekrit Presiden, 5 Juli 1959 adalah ....
a.   pengangkatan Presiden seumur hidup
b.   berlaku demokrasi Pancasila
c.   dibentuk MPRS dan DPAS
d.   berlaku demokrasi liberal

26. Penyimpangan terhadap UUD 1945 yang terjadi setelah pada masa Orde Baru adalah ....
a.   pembangunan diutamakan di bidang ekonomi
b.   pembangunan diutamakan di bidang politik
c.   Presiden dipilih oleh MPR selama 30 tahun
d.   penyelenggaraan negara cenderung otoriter

27. Latar belakang diadakanya amandemen terhadap UUD 1945 di era reformasi adalah....
a.   keinginan Presiden untuk mengubah UUD
b.   untuk mencegah penyimpangan kekuasaan
c.   keinginan MPR untuk mengubah UUD
d.   desakan dari negara lain

28. Proses amandemen terhadap UUD 1945 dilakukan melalui ....
a.   Sidang Tahunan MPR                            c.   Sidang Istimewa MPR
b.   Sidang Umum MPR                                 d.   Sidang Badan Pekerja MPR

29. Untuk mengubah UUD maka harus memenuhi syarat-syarat berikut, kecuali....
a.   sekurang-kurangnya diajukan oleh 1/3 anggota MPR
b.   berdasarkan situasi pemerintah dan keuangan negara
c.   dihadiri 2/3 dari jumlah anggota MPR
d.   putusan dengan persetujuan sekurang-kurangnya lima puluh persen ditambah 1 dari jumlah anggota MPR

30. Salah satu hasil amandemen UUD 1945 adalah adanya ketentuan bahwa Presiden RI dipilih oleh....
a.   partai politik                                                c.   rakyat
b.   angota MPR                                               d.   Wakil rakyat

31. Arti penting amandemen terhadap UUD 1945 bagi kehidupan bangsa dan negara Indonesia adalah ....
a.   menghilangkan korupsi                          c.   menjamin kebutuhan rakyat
b.   menjamin kehidupan demokrasi           d.   menjaga kekuasaan Presiden

32. Salah satu bagian UUD 1945 yang telah disepakati untuk tidak diamandemen karena mengubahnya berarti membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ....
a.   Pembukaan                                               c.   Aturan Peralihan
b.   Batang Tubuh                                           d.   Penjelasan

33. Amandemen UUD 1945 lebih menjamin hak asasi manusia karena dijamin secara khusus dalam pasal....
a.   27                                                                 c.   28 A-J
b.   28                                                                 d.   29

34. Kedudukan UUD 1945 dalam tata urutan peraturan perundang-undangan nasional berada pada urutan....
a.   pertama                                                       c.   ketiga
b.   kedua                                                          d.   Keempat

35. Peraturan perundang-undangan mempunyai fungsi yang strategis dalam kehidupan suatu negara, yaitu sebagai ....
a.   alat pengekang perilaku pejabat negara
b.   sarana untuk membatasi perilaku warga negara
c.   sarana untuk mewujudkan ketertiban masyarakat
d.   alat untuk meringankan beban pemerintah

36. Salah satu fungsi strategis dari peraturan perundang-undangan nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah menyangkut kepentingan seluruh warga negara sehingga penyusunanya harus memperhatikan aspek ....
a.   filosofis                                                       c.   normatif
b.   yuridis                                                         d.   sosiologis

37. Usulan rancangan UU dapat disampaikan oleh DPR karena DPR mempunyai hak ....
a.   amandemen                                                 c.   inisiatif
b.   butget                                                           d.   Interpelasi

38. Pengesahan suatu UU ditetapkan oleh DPR melalui sidang ....
a.   Komisi                                                          c.   Badan Musyawarah
b.   Fraksi                                                           d.   Paripurna

39. Pembuatan peraturan daerah menjadi tanggung jawab bersama antara ....
a.   Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah
b.   Menteri Dalam Negeri dan Kepala Daerah
c.   DPRD dan Wakil Kepala Daerah
d.   DPRD dan Kepala daerah

40. Peraturan Daerah menjadi sah dan berlaku jika sudah ditandatangani oleh ....
a.   Kepala Daerah                                         
b.   Ketua DPRD
c.   Kapala Daerah dan Ketua DPRD        
d.   Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah

41. Kewajiban pokok warga negara terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku adalah ....
a.   turut membuat selama proses pembuatan
b.   menaati dengah penuh kesadaran
c.   mengawasi pelaksanaan di masyarakat
d.   mempelajari agar lebih paham

42. Perhatikan sikap beberapa orang di bawah ini !
1)   Ani mempelajari sampai hafal peraturan hukum yang berlaku.
2)  Budi menaati aturan lalu lintas dan menasihati jika ada temannya yang melanggar.
3)  Dedi selalu melaporkan temannya kepada polisi jika melanggar aturan hukum.
4)  Endang turut mengadili temannya yang melanggar hukum.
Di antara keempat orang di atas yang paling taat terhadap aturan hukum yang berlaku adalah ....
a.   Ani                                                                c.   Dedi
b.   Budi                                                              d.   Endang

43. Contoh ketaan terhadap aturan hukum yang paling pokok untuk dilakukan oleh siswa adalah....
a.   membantu tugas polisi menagkap pencuri
b.   melaporkan jika ada pelanggaran hukum
c.   menaati tata tertib sekolah
d.   bercita-cita menjadi ahli hokum

44. Di bawah ini yang merupakan salah satu formula upaya pemberantasan korupsi di Indonesia adalah ....
a.   menaikkan gaji pejabat negara, PNS,  dan TNI/Polri
b.   menghukum mati pelaku korupsi
c.   membuat aturan hukum tentang korupsi
d.. membentuk lembaga pemberantas korupsi

45. Upaya pemberantasan korupsi dapat dilakukan oleh siswa dengan cara....
a.   menjadi relawan pemberantasan korupsi
b.   turut mengawasi suatu proyek bangunan
c.   mengembangkan sikap antikorupsi
d.   protes terhadap iuran di sekolah

46. Pemberian uang hadiah kepada pegawai di luar gaji yang telah ditentukan yng berhubungan dengan jabatanya dikategorikan ....
a.   sumbangan                                                  c.   upeti
b.   suap                                                             d.   penghargaan

47. Berikut yang merupakan contoh tindak kolusi adalah ....
a.   seorang karyawan menggunakan waktu kerja untuk membayar tagihan listrik
b.   sebuah perusahaan tekstil menyeludupkan kain ke Cina
c.   memasukkan kerabat atau teman yang tidak sesuai dengan persyaratan ke instansi
d.   memasukkan kerabat atau teman yang sesuai dengan persyaratan ke instansi

48. Korupsi dapat diartikan sebagai perbuatan seseorang dengan maksud....
a.   memperkaya diri atau orang lain dengan cara melanggar hukum
b.   meningkatkan pendapatan usaha dengan perluasan pasar
c.   memperkaya keuangan negara dengan melanggar hukum
d.   meningkatan pendapatan negara dengan tidak melanggar hokum

49. Upaya pemberantasn korupsi di Indonesia diatur dengan UU Nomor...
a.   31 Tahun 1999                                          c.   30 Tahun 20002        
b.   20 Tahun 2001                                          d.   25 Tahun 2005

50. Lembaga negara yang bertanggung jawab penuh dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia adalah....
a.   Polri                                                             c.   Kejaksaan Agung
b.   Mahkamah Agung                                    d.   KPK



II.    URAIAN
Jawablah dengan singkat dan jelas di tempat yang tersedia pada lembar jawaban!
51. Berilah 4 (empat) contoh perbuatan yang mencerminkan nilai Pancasila sila kelima!
52. Jelaskan akibat adanya penyimpangan konstitusi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
53. Berilah 4 (empat) contoh sikap positif warga negara terhadap UUD 1945 Amandemen!
54. Tuliskan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional  berdasarkan UU Nomor 10  Tahun  2004 !
55. Berilah 4 (empat) contoh sikap antikorupsi yang dapat ditunjukkan oleh siswa!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar